Sabtu, 12 September 2015

PERILAKU KONSUMEN


PENDAHULUAN----NOBERLIN SOLIKHIN / C14144013

Mayor Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya
Departemen Budidaya Perairan (www.fpik.bdp.ipb.ac.id)
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (www.fpik.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233
Depertemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
Fakultas Ekologi Manusia (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)

Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www. Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc

Buku yang digunakan :
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.


Perkenalkan nama saya NOBERLIN SOLIKHIN mahasiswa alih jenis 2014 BDP-FPIK. Saya mengambil mata kuliah Perilaku Konsumen sebagai mata kuliah Supporting Course (SC). Jadwal kuliah saya pada hari Senin, 7 September 2015 pada pukul 13.00-15.40 WIB mulai  masuk saat KRS A. Pertemuan pertama kuliah ini dengan dosen pengajar Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS.

Berikut resume kuliah PENDAHULUAN :
Konsumen secara umum mempunyai banyak pengertian diantaranya yakni ; pelanggan, pemakain, pengguna, pembeli, pengambilan keputusan, barang, jasa, merek, harga, kemasan dan sebagainya.
Jika dilihat secara pengertiannya PERILAKU KONSUMEN adalah suka menawar membandingkan produk dan harga sesuai keinginan dengan melihat kualitas barang yang diinginkan.
Definisi PERILAKU KONSUMEN  menurut Schiffman dan Kanuk (2010) : The term consumer behavior refers to the behavior that consumers display in searching for, purchasing, using, evaluating and disposing of products and services that they expect will satisfy their needs.
Perspektif Riset Perilaku konsumen yaitu: Perspektif pengambilan keputusan, Persperktif eksperiensial, Perspektif pengaruh behavioral

Faktor yang mempengaruhi proses keputusan konsumen yaitu: Strategi pemasaran, Perbedaan individu, Faktor lingkungan

Perilaku konsumen bergantung pada tingkatan umur. Contohnya perbedaan selara baju batik antara orang muda dengan orang tua. Orang muda lebih memilih baju batik dengan model casual dengan model yang lebih formal.

Pada perkuliahan pertama hari Senin, 7 september 2015 diruang RK. TAN B pukul 13.00-15.40 WIB diskusi kelompok belum dilakukan dan hanya pembentukan kelompok diskusi.