PENDAHULUAN----NOBERLIN SOLIKHIN / C14144013
Mayor
Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya
Departemen
Budidaya Perairan (www.fpik.bdp.ipb.ac.id)
Fakultas
Perikanan dan Ilmu Kelautan (www.fpik.ipb.ac.id)
Institut
Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)
Kuliah
Perilaku Konsumen IKK233
Depertemen
Ilmu Keluarga dan Konsumen (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
Fakultas
Ekologi Manusia (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor
Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)
Prof Dr Ir
UJANG SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www. Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id,
sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir.
Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir.
Megawati simanjuntak, MS
Ir.
Retnaningsih, MS
Ir. Md
djamaluddin, MSc
Buku yang
digunakan :
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku
Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Perkenalkan nama saya
NOBERLIN SOLIKHIN mahasiswa alih jenis 2014 BDP-FPIK. Saya mengambil mata kuliah Perilaku Konsumen sebagai
mata kuliah Supporting Course (SC). Jadwal kuliah saya pada
hari Senin, 7 September 2015 pada pukul 13.00-15.40 WIB mulai masuk saat
KRS A. Pertemuan pertama kuliah ini dengan dosen pengajar Dr. Ir.
Megawati simanjuntak, MS.
Berikut resume kuliah PENDAHULUAN :
Konsumen secara umum mempunyai
banyak pengertian diantaranya yakni ; pelanggan, pemakain, pengguna, pembeli,
pengambilan keputusan, barang, jasa, merek, harga, kemasan dan sebagainya.
Jika dilihat secara pengertiannya
PERILAKU KONSUMEN adalah suka menawar membandingkan produk dan harga sesuai
keinginan dengan melihat kualitas barang yang diinginkan.
Definisi PERILAKU KONSUMEN menurut Schiffman dan Kanuk (2010) : The term consumer behavior refers to the
behavior that consumers display in searching for, purchasing, using, evaluating
and disposing of products and services that they expect will satisfy their
needs.
Perspektif
Riset Perilaku konsumen yaitu: Perspektif pengambilan keputusan, Persperktif
eksperiensial, Perspektif pengaruh behavioral
Faktor yang
mempengaruhi proses keputusan konsumen yaitu: Strategi pemasaran, Perbedaan
individu, Faktor lingkungan
Perilaku
konsumen bergantung pada tingkatan umur. Contohnya perbedaan selara baju batik
antara orang muda dengan orang tua. Orang muda lebih memilih baju batik dengan
model casual dengan model yang lebih formal.
Pada perkuliahan
pertama hari Senin, 7 september 2015 diruang RK. TAN B pukul 13.00-15.40 WIB
diskusi kelompok belum dilakukan dan hanya pembentukan kelompok diskusi.