Rabu, 16 September 2015

MOTIVASI DAN KEBUTUHAN


MOTIVASI DAN KEBUTUHAN --NOBERLIN SOLIKHIN/C14144013

Mayor Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya
Departemen Budidaya Perairan (www.fpik.bdp.ipb.ac.id)
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (www.fpik.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233
Depertemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
Fakultas Ekologi Manusia (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)

Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www. Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc

Buku yang digunakan :
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.



Perkenalkan nama saya NOBERLIN SOLIKHIN mahasiswa alih jenis 2014 BDP-FPIK. Saya mengambil mata kuliah Perilaku Konsumen sebagai mata kuliah Supporting Course (SC). Jadwal kuliah saya pada hari Senin, 14 September 2015 pada pukul 13.00-15.40 WIB mulai  masuk saat KRS A. Pertemuan ke-2 kuliah ini dengan dosen pengajar Ir. Md djamaluddin, M.Sc.


Motivasi dapat dikatakan sebagai “PERGERAKAN” atau “DORONGAN” yang sangat diinginkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi diantaranya adalah faktor eksternal dan internal. Motivasi timbul karena adanya dorongan untuk melakukan tindakan.


Model motivasi Schiffman dan Kanuk (2010) :




Kebutuhan yang dirasakan (felt needs). Kebutuhan berasal dari dalam diri konsumen maupun dari luar diri konsumen. Perilaku berorientasi pada tujuan. Tujuan merupakan suatu cara untuk memenuhi kebutuhan.

Kebutuhan aktualisasi diri :
1.      Keinginan individu untuk menjadi dirinya sebagai yang terbaik.
2.      Keinginan untuk menyampaikan ide, gagasan dan sistem nilai yang diyakini.

David McClelland mengembangkan suatu teori motivasi yang disebut sebagai McClellabd’s Theory of Learned Needs. Teori ini menyatakan bahwa ada tiga kebutuhan dasar yang memotivasi seorang individu untuk berperilaku, yaitu (1) kebutuhan untuk sukses yaitu keinginan manusia untuk mencapai prestasi, reputasi dan karir yang baik, (2) kebutuhan untuk afiliasi adalah keinginan manusia untuk membina hubungan dengan sesamanya, mencari teman yang bisa menerimanya, ingin dimiliki oleh orang-orang sekelilingnya, dan ingin memiliki orang-orang yang bisa menerimanya, dan (3) kebutuhan kekuasaan adalah keinginan seseorang untuk bisa mengontrol lingkungannya, termasuk mempengaruhi orang-orang sekelilingnya. Tujuannya adalah untuk bisa mempengaruhi, mengarahkan, dan mengatur orang lain.