MOTIVASI
DAN KEBUTUHAN --NOBERLIN SOLIKHIN/C14144013
Mayor
Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya
Departemen
Budidaya Perairan (www.fpik.bdp.ipb.ac.id)
Fakultas
Perikanan dan Ilmu Kelautan (www.fpik.ipb.ac.id)
Institut
Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)
Kuliah
Perilaku Konsumen IKK233
Fakultas
Ekologi Manusia (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor
Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)
Prof Dr Ir
UJANG SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www.
Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir.
Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir.
Megawati simanjuntak, MS
Ir.
Retnaningsih, MS
Ir. Md
djamaluddin, MSc
Buku yang
digunakan :
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku
Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Perkenalkan nama saya
NOBERLIN SOLIKHIN mahasiswa alih jenis 2014 BDP-FPIK. Saya mengambil mata kuliah Perilaku Konsumen sebagai
mata kuliah Supporting Course (SC). Jadwal kuliah saya pada hari
Senin, 14 September 2015 pada pukul 13.00-15.40 WIB mulai masuk saat KRS
A. Pertemuan ke-2 kuliah ini dengan dosen pengajar Ir. Md
djamaluddin, M.Sc.
Motivasi
dapat dikatakan sebagai “PERGERAKAN” atau “DORONGAN” yang sangat diinginkan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi diantaranya adalah faktor eksternal
dan internal. Motivasi timbul karena adanya dorongan untuk melakukan tindakan.
Model motivasi
Schiffman dan Kanuk (2010) :
Kebutuhan
yang dirasakan (felt needs).
Kebutuhan berasal dari dalam diri konsumen maupun dari luar diri konsumen.
Perilaku berorientasi pada tujuan. Tujuan merupakan suatu cara untuk memenuhi
kebutuhan.
Kebutuhan
aktualisasi diri :
1. Keinginan
individu untuk menjadi dirinya sebagai yang terbaik.
2. Keinginan
untuk menyampaikan ide, gagasan dan sistem nilai yang diyakini.